Jenis Cat Genteng

Jenis Cat Genteng

Cat genteng sendiri mempunyai fungsi utama sebagai pelapis yang mampu menjaga keadaan suatu atap agar tetap baik sekaligus membuat tampilan atap menjadi lebih menarik, maka dari itu, jenis cat genteng pun ada sangat banyak.

Bagi kalian yang sedang bingung dalam memilih jenis cat yang berkualitas tinggi, maka berikut kami berikan beberapa rekomendasi cat genteng supaya atap rumah dapat terhindari dari beragam kerusakan.

Cara Memilih Cat Genteng

Sebelum kalian memutuskan untuk membeli cat genteng, maka ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan agar kalian tidak membeli produk yang salah, antara lain:

  • Tanyakan terhadap kontraktor yang membantu kalian dalam menyelesaikan bangunan/ renovasi rumah kalian.
  • Validasi dengan cara membandingkan kandungan setiap cat serta bahan dasar yang ditentukan di dalam tabel spesifikasi dan juga harganya.
  • Mengunjungi toko perlengkapan konstruksi agar bisa memperoleh rincian lengkap terkait persyaratan cat genteng yang disarankan oleh kontraktor.
  • Memilih merek cat yang lebih mahal apabila kalian menjumpai merek cat lain dengan adanya kualifikasi yang sama.
  • Menentukan warna yang hendak kalian pakai sesuai merek cat genteng yang kalian pilih.

Jenis – Jenis Cat Genteng

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis cat genteng yang dapat kalian gunakan, antara lain:

1. Styrene Acrylic

Kelebihan cat genteng satu ini ialah adanya ketahanan pada perubahan cuaca ekstrem dan juga mampu melindungi genteng dari lumut dan juga jamur.

Sementara untuk hasil akhir yang diberikan adalah glossy serta cocok diterapkan pada material genteng dari tanah liat, asbes, atau beton.

2. Alkyd Synthetic

Cat genteng jenis satu ini mempunyai finishing yang glossy, tahan pada cuaca dan juga jamur, serta mempunyai ketahanan yang lumayan baik.

Untuk jenis cat genteng alkyd synthetic ini pada umumnya dipakai pada jenis genteng dengan bahan tanah liat/ beton.

3. Resin Akrilik

Hasil akhir cat genteng jenis resin akrilik berupa glossy yang cocok diterapkan pada atap asbes, tanah liat, dan juga beton.

Kelebihan jenis cat ini:

  • Mempunyai lapisan film yang keras.
  • Cepat kering.
  • Serta tahan dan kuat pada air.

Apabila kawasan tempat tinggal kalian mempunyai curah hujan yang tinggi, maka cat genteng satu ini sangat cocok digunakan pada atap rumah kalian.

4. Zinc Chromate Primer

harga cat genteng 5 kg

Jenis cat ini cocok diterapkan pada jenis genteng metal.

Pemakaian genteng metal sekarang kerap kali dipakai sebab mempunyai ketahanan yang lebih baik daripada genteng tanah liat.

Hindari juga dalam memakai cat genteng sembarangan pada material metal serta sebaiknya memakai zinc chromate primer agar dapat melindungi material metal/ logam dari korosi atau karat.

Kandungan zinc pada cat ini juga dapat membantu genteng agar awet.

6. Vernis Thinner

Menggunakan bahan dasar thinner, cat ini dapat menghasilkan warna glossy serta tahan pada cuaca panas.

Selain itu, cat vernis thinner juga mempunyai warna yang tidak mudah pudar serta dapat menjaga warna dasar genteng supaya tahan lama.

7. Cat Waterproof

Cat waterproof ini banyak menjadi pilihan favorit banyak orang sebab memiliki sifat yang tahan air/ anti bocor sekaligus anti jamur, leleh, dan alkali.

Tak hanya itu, cat jenis ini juga dapat diterapkan pada beberapa material genteng seperti tanah liat, asbes, beton, kayu serta seng.

Dilansir dari RumaRumi, cat jenis satu ini juga mempunyai pelapis elastis sehingga mampu menutupi retak rambut.

Beberapa cat anti air juga mempunyai warna menarik, sehingga dapat dipakai di bagian dalam ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *